Inilah Beberapa Pengaruh Buruk Empeng Bayi

Inilah Beberapa Pengaruh Buruk Empeng Bayi - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang Berita Pagi Satu ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Inilah Beberapa Pengaruh Buruk Empeng Bayi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kecantikan, Artikel Kesehatan, Artikel Makanan, Artikel Mitos, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Inilah Beberapa Pengaruh Buruk Empeng Bayi
link : Inilah Beberapa Pengaruh Buruk Empeng Bayi

Baca juga


Inilah Beberapa Pengaruh Buruk Empeng Bayi

Inilah Beberapa Pengaruh Buruk Empeng Bayi
BacaTips.Com - Sudah sejak kita kecil, mungkin diantara kita sudah diajari oleh para orang tua kita untuk mengempeng atau kata lainnya adalah dot. Biasanya para orang tua memberikan empeng kepada bayinya yang sangat rewel. Selain itu empeng juga membantu mengurangi kebiasaan para bayi yang suka menghisap ibu jarinya sendiri. Dengan kata lain empeng merupakan alat yang sangat berguna untuk membuat para bayi untuk tenang dan meredakan tangisan si bayi. 

Tapi tahukah anda bahwa selain memiliki sisi positif ternyata empeng bayi juga mempunyai sisi negatif yang tidak kalah pentingnya. Sudah banyak pakar kesehatan yang mengatakan untuk tidak memperkenalkan empeng atau dot kepada para bayi dan tentunya himbauan ini berkaitan dengan sisi negatifnya.

Dampak buruk yang paling sering mengintai kesehatan si bayi adalah kehigienisan empeng. Mungkin banyak diantara para orang tua yang tidak membersihkan empeng ketika empeng jatuh ke tanah atau lantai. Kebiasaan yang paling sering dilakukan oleh para orang tua adalah setelah empeng terjatuh adalah langsung menyodorkan empeng tersebut kepada si bayi tanpa membersihkan terlebih dahulu. 

Tentu saja bakteri-bakteri yang melekat pada empeng ketika empeng terjatuh akan segera masuk ke mulut bayi. Kemudian akibat dari hal ini, kesehatan pencernaan dari sang bayi mungkin akan terganggu. Dampak buruk dari empeng bayi berikutnya adalah kecanduan akan mengempeng secara terus menerus dan sangat susah untuk meminum ASI.

Keberadaan empeng bayi bagaikan sebuah pedang yang mempunyai dua mata pedang. Di satu sisi para orang tua akan terbantu dengan adanya empeng untuk menenangkan bayi mereka. Namun disisi lain penggunaan empeng dalam jangka panjang dan terus menerus akan berpengaruh pada pertumbuhan rahang dan gigi si bayi. Seperti dikutip dari ayahbunda.co.id bahwa empeng mempengaruhi lengkung rahang. 

Ketika gigi mulai tumbuh, seringkali sang bayi menggigit ataupun menarik empeng dengan giginya. Jika kegiatan ini dilakukan terus menerus maka bisa berpengaruh pada pembentukan rahang dan gigi. Selain itu pemakaian empeng terus menerus dapat meningkatkan resiko terkena infeksi telinga tengah dikarenakan fungsi saluran eustasius yang tidak bekerja secara normal.

Selain membawa berbagai dampak buruk tentang kesehatan, empeng bayi ternyata membawa dampak buruk pada sisi emosi dan psikologis si bayi. Sebagaimana seperti kutipan yang didapat dari melindahospital.com menyebutkan bahwa yang terlalu lama menggunakan empeng akan kesulitan untuk berempati dan berinteraksi dengan orang lain karena sang bayi terlalu asyik dengan empeng mereka. 

Lebih jauh lagi, akibat buruk dari mengempeng akan begitu terasa ketika anak sudah memasuki bangku sekolah. Seperti yang telah banyak diketahui bahwa kebiasaan ngempeng susah sekali untuk dihentikan, hal ini bisa memicu sang anak menjadi bahan ejekan teman sebayanya ketika nanti dia bersekolah. Oleh karena itu sangat penting untuk melatih bayi anda untuk tidak bergantung kepada empeng.

#Baca juga artikel / berita lainnya berikut ini  :



Demikianlah Artikel Inilah Beberapa Pengaruh Buruk Empeng Bayi

Sekianlah artikel Inilah Beberapa Pengaruh Buruk Empeng Bayi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: