Cara Bersuci Ketika Kulit Luka - Berita Unik dan Aneh

Cara Bersuci Ketika Kulit Luka - Berita Unik dan Aneh - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang Berita Pagi Satu ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Cara Bersuci Ketika Kulit Luka - Berita Unik dan Aneh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kecantikan, Artikel Kesehatan, Artikel Makanan, Artikel Mitos, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Bersuci Ketika Kulit Luka - Berita Unik dan Aneh
link : Cara Bersuci Ketika Kulit Luka - Berita Unik dan Aneh

Baca juga


Cara Bersuci Ketika Kulit Luka - Berita Unik dan Aneh

Cara Bersuci Ketika Kulit LukaAkuIslam.ID - Bersuci dari hadas kecil atau besar biasanya dengan wudu dan mandi. Namun bagaimana ketika ingin menghilangkan salah satu dari kedua hadas tersebut, sementara anggota tubuh ada yang sedang terluka. Bahkan luka tersebut tidak boleh terkena air. Bagaimana cara bersucinya.

Tangan Diperban

Setiap umat Islam diwajibkan untuk menunaikan shalat lima waktu. Sebelum mengerjakannya diwajibkan untuk bersuci dari hadas besar dan kecil. Sementara dalam kondisi tertentu, seperti saat sakit atau ada luka di tubuh, kerap kali seseorang kesulitan untuk melakukan bersuci dengan wudu dan mandi.

Namun, jangan khawatir, Islam bukan agama yang menyulitkan. Dalam kondisi khusus seperti ini. Dalam ada rukhsa (keringanan) dalam menjalankan ibadah wajib. Ketika seseorang sakit dan kulitnya tidak bisa terkena air, jikapun dipaksa hanya akan memperparah sakit yang diderita, maka cukup baginya untuk bertayamum. Hal ini sudah menjadi kesepakatan para ulama.

Sementara untuk kondisi kulit yang terluka dan butuh diperban, di kalangan ulama fikih ada perbedaan pendapat. Menurut Imam Syafi'i, cara bersuci yang bisa dilakukan bisa dengan mengolaborasikan antara wudu dan tayamum. Yaitu untuk daerah yang terbungkus, maka cukup dioleskan debu atau tayamum. Sementara untuk daerah yang tidak sakit harus diguyurkan air.

Sedangkan menurut Imam Abu Hanifah dan Imam Malik, lebih memilih bersuci dengan satu cara saja. Memilih antara wudu dan mandi atau cukup dengan tayamum. Tidak wajib untuk menjadikan satu antara wudu dan tayamum. Cukup memilih salah satunya saja, apakah wudu atau tayamum.

Sedangkan untuk seseorang yang terluka badannya atau patah tulang sehingga harus disemen atau gips, maka bisa dilakukan bersuci dengan cara biasa, yaitu mandi atau wudu. Untuk anggota tubuh yang sehat, maka wajib mengguyurkan air.

Sementara untuk anggota tubuh yang sakit atau terbungkus, maka cukup mengusapkan air di atasnya, tanpa harus mengalirkan air. Menurut kesepakatan para ulama, dalam kondisi tersebut, wajib hukumnya untuk mengusap semua permukaan pembungkus luka.

Ketika seseorang yang sakit melakukan cara bersuci seperti diatas, maka salat yang dilakukan sah. Sehingga tidak perlu mengulanginya lagi saat sembuh. Dengan begitu umat Islam akan tetap nyaman beribadah meskipun dalam kondisi tertentu. Semoga penjelasan ini bermanfaat.

from Aku Islam I Berbagi Kebaikan Untuk Sesama https://ift.tt/2sFSFtL
Sumber KLIK Di Sini atau http://www.akuislam.id/

from Berita Unik dan Aneh https://ift.tt/2kOzNVR


Demikianlah Artikel Cara Bersuci Ketika Kulit Luka - Berita Unik dan Aneh

Sekianlah artikel Cara Bersuci Ketika Kulit Luka - Berita Unik dan Aneh kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: