Berita Kali ini : 4 Hal ini akan Berpengaruh Jika Anda Makan Makanan Haram, no 3 Mengerikan gan, Bagikan !

Berita Kali ini : 4 Hal ini akan Berpengaruh Jika Anda Makan Makanan Haram, no 3 Mengerikan gan, Bagikan ! - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang Berita Pagi Satu ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Berita Kali ini : 4 Hal ini akan Berpengaruh Jika Anda Makan Makanan Haram, no 3 Mengerikan gan, Bagikan !, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kecantikan, Artikel Kesehatan, Artikel Makanan, Artikel Mitos, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berita Kali ini : 4 Hal ini akan Berpengaruh Jika Anda Makan Makanan Haram, no 3 Mengerikan gan, Bagikan !
link : Berita Kali ini : 4 Hal ini akan Berpengaruh Jika Anda Makan Makanan Haram, no 3 Mengerikan gan, Bagikan !

Baca juga


Berita Kali ini : 4 Hal ini akan Berpengaruh Jika Anda Makan Makanan Haram, no 3 Mengerikan gan, Bagikan !

4 Hal ini akan Berpengaruh Jika Anda Makan Makanan Haram, no 3 Mengerikan gan
Makanan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh manusia. Tidak hanya sekedar menjadi faktor untuk bertahan hidup, makanan yang kita konsumsi tersebut juga bisa berpengaruh terhadap kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak.

Hal ini berhubungan dengan halal atau tidaknya makanan yang kita konsumsi. Mungkin banyak di antara kita yang kurang memperhatikan hal tersebut. Namun ternyata, masalah ini menjadi sangat penting dalam agama Islam. SUMBER INFOYUNIK.COM

Kita diwajibkan untuk mengonsumsi segala sesuatu yang halal dan menjauhi yang haram. Keharaman ini bisa dilihat dari cara mendapatkan makanan terssebut atau bahan yang digunakan. Ternyata, ada begitu banyak pengaruh makanan haram apabila dikonsumsi. Apa sajakah pengaruhnya? Berikut ulasannya.

Baca JUGA TIPS AGAR DOA MENEMBUA LANGIT

1. Makanan Haram Mempengaruhi Do'a

Pengaruh pertama dari makanan haram apabila dikonsumsi adalah ternyata makanan haram tersebut dapat mempengaruhi do’a yang kita panjatkan kepada Allah SWT. Hal ini tertuang dalam hadist Rasulullah SAW.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

"Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah itu baik. Dia tidak akan menerima sesuatu melainkan yang baik pula. Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin seperti yang diperintahkan-Nya kepada para Rasul. Firman-Nya: 'Wahai para Rasul! Makanlah makanan yang baik-baik (halal) dan kerjakanlah amal shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.'

Dan Allah juga berfirman: 'Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah rezeki yang baik-baik yang Telah menceritakan kepada kami telah kami rezekikan kepadamu.'" Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menceritakan tentang seroang laki-laki yang telah lama berjalan karena jauhnya jarak yang ditempuhnya. Sehingga rambutnya kusut, masai dan berdebu.

Orang itu mengangkat tangannya ke langit seraya berdo'a: "Wahai Tuhanku, wahai Tuhanku." Padahal, makanannya dari barang yang haram, minumannya dari yang haram, pakaiannya dari yang haram dan diberi makan dengan makanan yang haram, maka bagaimanakah Allah akan memperkenankan do'anya?." (HR Muslim (1686))

Oleh karena itu, apabila kita hendak mengkonsumsi sesuatu makanan atau minuman hendaknya terlebih dahulu mengetahui dari mana kedua hal tersebut berasal. Jangan sampai kita memakan makanan yang haram, sebab dapat berpengaruh terhadap terkabulnya doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT.

2. Makanan Haram Menurunkan Produktivitas Keimanan

Makanan yang haram ternyata juga bisa mempengaruhi keimanan seseorang. Apabila kita memperoleh segala sesuatunya lewat jalan haram maka sudah pasti kita terjerumus dalam lembah kesesatan.

Lain halnya apabila kita mendapatkan rezeki atau makanan yang halal. Maka itu bisa menjadi salah satu faktor pendorong untuk kita agar senantiasa melakukan amalan shaleh. Allah SWT berfirman:

"Hai Rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik, dan kerjakanlah amal yang shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan". (QS. Al-Mu'minun: 51)

Sa'id bin Jubair dan Adh-Dhohhak Rahimahumallah mengatakan yang di maksud makanan yang baik adalah makanan yang halal". (Tafsir Ibnu Katsir: 10/126)

Ibnu Katsir Rahimahullah berkata: "Pada ayat ini Allah ta'ala memerintahkan para rasul Alaihimus Shalatu Wassalam untuk memakan makanan yang halal dan beramal shalih. Oleh karena itu, para nabi benar-benar memperhatikan bagaimana cara memperoleh rizki yang halal. Para Nabi mencontohkan pada kita kebaikan dengan perkataan, amalan, teladan dan nasihat. Semoga Allah memberikan kepada mereka balasan karena telah memberi contoh yang baik bagi para hambanya". (Tafsir Ibnu Katsir 10/126)

3. Makanan Haram Mendatangkan Berbagai Penyakit

Tidak hanya dapat menjerumuskan manusia ke dalam lembah dosa, mencari rezeki dan memakan makanan haram juga bisa mendatangkan berbagai macam penyakit. Hal ini bisa berasal dari bakteri yang terdapat di dalam makanan haram tersebut. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang jelas kehalalannya karena dapat mencegah datangnya berbagai penyakit. Allah Ta'ala berfirman :

"Berikanlah mas kawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari mas kawin itu dengan senang hati, maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang hani'an (baik) dan mari'an (baik akibatnya)". (QS. An-nisa': 4)
.
Imam Al-Qurtubi Rahimahullah menukil dari sebagian ulama' tafsir bahwa maksud firman Allah Ta'ala "hani'an Mari'an" adalah Hani'an itu bermakna yang baik lagi enak dimakan dan tidak memiliki efek negatif. Sedangkan Mari'an ialah yang tidak menimbulkan efek samping setelah dimakan, mudah di cerna, dan tidak menimbulkan penyakit atau gangguan". (Tafsir Qurtubi: 5/27)

4. Di Akhirat, Neraka Lebih Pantas Bagi Jasad Yang Tumbuh Dari Yang Haram

Pengaruh makanan haram yang terakhir adalah para pelakunya akan menjadi penghuni neraka. Bahkan dikatakan bahwa neraka lebih pantas bagi jasad yang tumbuh dari sesuatu yang haram. Rasulullah SAW bersabda:

“Setiap jasad yang tumbuh dari sesuatu yang haram, maka neraka lebih pantas untuknya". (Shahih, HR Baihaqi, di hasankan oleh imam Tirmidzi, Al-Arna’ut, Al-Haitsami, di shahihkan oleh Al-Hakim, Al-Albani, dll (Shahihul Jami’: 4519))

Demikianlah informasi mengenai pengaruh yang akan diperoleh orang-orang yang senatiasa mengkonsumsi makanan haram. Oleh karena itu kita harus lebih waspada dalam memilah dan memilih makanan yang hendak dikonsumsi karena selain berdampak di dunia juga akan berpengaruh bagi kehidupan akhirat kelak.


Demikianlah Artikel Berita Kali ini : 4 Hal ini akan Berpengaruh Jika Anda Makan Makanan Haram, no 3 Mengerikan gan, Bagikan !

Sekianlah artikel Berita Kali ini : 4 Hal ini akan Berpengaruh Jika Anda Makan Makanan Haram, no 3 Mengerikan gan, Bagikan ! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: