Haruskan Laki-Laki Dan Perempuan Dipisah Ketika Belajar Di Kelas? - Berita Unik dan Aneh

Haruskan Laki-Laki Dan Perempuan Dipisah Ketika Belajar Di Kelas? - Berita Unik dan Aneh - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang Berita Pagi Satu ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Haruskan Laki-Laki Dan Perempuan Dipisah Ketika Belajar Di Kelas? - Berita Unik dan Aneh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kecantikan, Artikel Kesehatan, Artikel Makanan, Artikel Mitos, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Haruskan Laki-Laki Dan Perempuan Dipisah Ketika Belajar Di Kelas? - Berita Unik dan Aneh
link : Haruskan Laki-Laki Dan Perempuan Dipisah Ketika Belajar Di Kelas? - Berita Unik dan Aneh

Baca juga


Haruskan Laki-Laki Dan Perempuan Dipisah Ketika Belajar Di Kelas? - Berita Unik dan Aneh

Haruskan Laki-Laki Dan Perempuan Dipisah Ketika Belajar Di Kelas?AkuIslam.ID - Seandainya kehidupan FIQIH diterapkan secara mutlak di dalam kehidupan akademis ataupun kampus,  maka semua pihak akan melampaui semua batas tersebut dan melakukan dosa karena secara hukum telah dijelaskan.

Pembelajaran Dalam Kelas Murid Siswi Perempuan Jadi Satu Dengan Laki-Laki

Sebelum akad nikah, pada masa lamaran ataupun sebelum lamaran, maka hal itu haram dan  tidak boleh dilakukan. Seorang laki-laki tidak boleh bersenang-senang dengan seorang wanita yang tidak halal baginya,  baik itu dengan obrolan, pandangan atau bersepi-sepian berdua.

Bahkan di dalam salah satu hadits pun diterangkan apabila seseorang perempuan bepergian (bersafar) bukan dengan muhrimnya maka perempuan tersebut secara hukum tidak diperbolehkan, kecuali Bersama mahramnya.

Telah diriwayatkan dari Nabi Shallallahu ‘alaihiwasallam, bahwa beliau bersabda.

لَايَخْلُوَنَّرَجُلٌبِاِمْرَأَةٍإِلَّاوَمَعَهَاذُومَحْرَمٍ, وَلَاتُسَافِرُاَلْمَرْأَةُإِلَّامَعَذِيمَحْرَمٍ

“Tidaklah seorang laki-laki bersepi-sepian dengan seorang wanita kecuali bersamanya ada mahramnya. Dan  tidaklah seorang wanita menempuh perjalanan jauh (bersafar) kecuali bersama mahramnya” [HR Al-Bukhari dalam Al-Jihad (3006), Muslim dalam Al-Hajj (1341)]

Setelah melihat hadits diatas, apakah tidak ada toleransi dalam FIQH, karena pada masa sekarang sudah menjadi hal yang sangat biasa dalam berinteraksi antara semua pihak laki-laki mau pun perempuan,  kita lihat saja pada kehidupan akademik sekarang yang dimana banyak mahasiswi rantau yang  melanjutkan studi di luar kota dan jauh dari rumah,  sedangkan mereka pun masih belum melakukan pernikahan untuk saling berinteraksi kepada lawan jenis. Apa harus menunggu halal terlebih dahulu untuk melakukan atau melanjutkan pendidikan akademis atau kuliah? Apa ada pengecualian walau pun sudah diterapkannya hukum FIQH tersebut ?.

Disini saya juga menjelaskan pemecahan masalah karena di Indonesia telah dimaklumi, bahwa sekolah-sekolah dan kampus-kampus formal di negara kita sebagian besar tidak memisah antara murid laki-laki dan wanita, baik dalam ruang sekolah, kampus maupun dalam acara-acara atau tempat-tempat lainnya. Dan memaklumi semua perbedaan karena negara kita juga menganut Pancasila yang berisi “berbeda-beda tetapi tetap satu jua”.

Hukum pembicaraan seorang wanita dengan laki-laki yang bukan mahram. Dalam hal ini, para fuqaha telah membolehkan pembicaraan kaum wanita denganl aki-laki yang bukan mahram ketika ada hajat atau keperluan.

Di antara keperluan yang disebutkan oleh para fuqaha antara lain adalah seperti, interaksi dalam akad jual beli dan transaksi-transaksi lainnya, atau seorang wanita berbicara dengan seorang yang alim tentang suatu persoalan keagamaan, atau seorang laki-laki bertanya kepada seorang wanita tentang soal keagamaan, jika wanita tersebut seorang yang alim, dan hal-hal lain yang menuntut ada nya interaksi pembicaraan antara wanita dengan laki-laki.

Selanjutnya terdapat pula beberapa pendapat dari fuqaha yang mengatakan bahwa diperbolehkannya berinteraksi dengan lawan jenis yang diterangkan pada Dalam kitab Hasyiyah al-Thahthawi al-Hanafi ada kutipan dari Abu al-Abbas al-Qurthubi, "Kami membolehkan perbincangan dan dialog orang laki-laki dengan wanita lain (bukan mahram), ketika ada kebutuhan untuk hal tersebut. Tetapi kami tidak membolehkan kaum wanita meninggikan suaranya, memanjangkan suara, melembutkan dan memotong-motong suaranya. Karena hal itu dapat menarik hati dan membangkitkan hasrat laki-laki kepada mereka.”

Berdasarkan pernyataan para ulama fuqaha, tentang bolehnya kaum wanita berbicara dengan kaum laki-laki, dapat disimpulkan beberapa kriteria yang harus dipatuhi:

  • a. Berbicara hanya apabila ada keperluan yang penting agar menuju perbincangan yang baik dan tidak menjadikan perbincangan yang haqiqi atau terus-menerus.
  • b. Tidak boleh melembutkan suara, memutus-mutus, mendesah secara sengaja sehinga dapat memancing hasrat lawan jenis dan menjadikan hal-hal yang tidak diinginkan.
  • c. Berbicara dalam hal yang baik, yakni yang tidak diharamkan menurut syara’.
  • d. Pembicaraan tidak menimbukan berduaan yang diharamkan oleh syara’, dan tidak terus menerus yang hampir sama dengan point pertama.

Interaksi dengan lawan jenis bukan hanya di dunia nyata saja, tetapi dapat dilakukan di dunia maya seperti sekarang adanya whatsapp, DM, chatting, dsb.  perbincangan tersebut sama saja dilakukan dengan percakapan di dunia nyata.

Maka sebelum berinteraksi di dunia maya, kita harus menyaring terlebih dahulu mana yang harus diperbincangkan dan mana yang tidak perlu diperbincangkan.

Inti dari artikel ini yaitu bagaimana hukum pertemuan atau berinteraksi antara laki-laki dan perempuan sebelum menikah, karena negara kita ini terdapat berbagai macam pendapat dan saling harus menghargai satu sama lain.

Demikian beberapa tulisan saya semoga bermanfaat bagi kita semua agar dapat saling menyebarkan ilmu dan dapat menyatukan beberapa pendapat.

Artikel Ini Adalah Kiriman Dari Sahabat AkuIslam.ID : ARIF RIFKY NUR PELANGI NIM : 15110044 UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG, JAWA TIMUR, INDONESIA.

from Aku Islam I Berbagi Kebaikan Untuk Sesama https://ift.tt/2knsDrm
Sumber KLIK Di Sini atau http://www.akuislam.id/

from Berita Unik dan Aneh https://ift.tt/2J26TiZ


Demikianlah Artikel Haruskan Laki-Laki Dan Perempuan Dipisah Ketika Belajar Di Kelas? - Berita Unik dan Aneh

Sekianlah artikel Haruskan Laki-Laki Dan Perempuan Dipisah Ketika Belajar Di Kelas? - Berita Unik dan Aneh kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: