PANCASILA SEBAGAI WUJUD KHILAFAH SESUNGGUHNYA - Berita Unik dan Aneh

PANCASILA SEBAGAI WUJUD KHILAFAH SESUNGGUHNYA - Berita Unik dan Aneh - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang Berita Pagi Satu ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang PANCASILA SEBAGAI WUJUD KHILAFAH SESUNGGUHNYA - Berita Unik dan Aneh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kecantikan, Artikel Kesehatan, Artikel Makanan, Artikel Mitos, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : PANCASILA SEBAGAI WUJUD KHILAFAH SESUNGGUHNYA - Berita Unik dan Aneh
link : PANCASILA SEBAGAI WUJUD KHILAFAH SESUNGGUHNYA - Berita Unik dan Aneh

Baca juga


PANCASILA SEBAGAI WUJUD KHILAFAH SESUNGGUHNYA - Berita Unik dan Aneh

PANCASILA SEBAGAI WUJUD KHILAFAH SESUNGGUHNYAAkuIslam.ID - Kita ketahui beberapa bulan lalu pemerintah secara resmi membubarkan salah satu organisasi islam di Indonesia, karena pemerintah merasa organisasi tersebut bisa merusak ideologi bangsa Indonesia yang sejak dahulu sudah berasaskan Pancasila, ingin mereka rubah menjadi berasaskan negara islam (khilafah).

Saya Indonesia, Saya Pancasila

Jika indonesia dijadikan negara islam bukan tidak mungkin akan banyak perpecahan didalamnya, karena di indonesia terdapat 5 agama (Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan Konghucu) yang selama ini hidup rukun berdampingan sejak jaman penjajahan sampai Indonesia Merdeka. Perlu diketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara islam terbesar didunia. Dimana negara kita menjadi salah satu contoh toleransi beragama yang baik bagi negara lain.

Patut kita ketahui bahwa para pahlawan membuat pancasila juga berasaskan pada Al-Qur’an dan hadits, bukan semata-mata membuat saja namun sudah dirundingkan secara matang. Sebelum pancasila dibuat ada Piagam Djakarta, dimana di sila pertama menyebutkan “ketuhanan yang maha esa dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluknya” disini banyak pertentangan dan perdebatan, karena menurut para pemimpin umat kristiani di Indonesia timur hal tersebut membedakan antara umat islam dengan umat yang lain.

Mari kita analisis bersama perintah Allah SWT, baik di Al-Qur’an dan hadits yang ada didalam pancasila dari sila satu sampai lima :

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Dalam hal ini sudah sangat jelas bahwa tuhan kita (umat islam) hanya Allah SWT yang menciptakan seluruh alam semesta dan isinya. Seperti dalam firman-Nya :

قُلۡ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ ١ ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ ٢ لَمۡ يَلِدۡ وَلَمۡ يُولَدۡ ٣ وَلَمۡ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدُۢ ٤

Artinya: “(1)Katakanlah: "Dialah Allah, Yang Maha Esa. (2) Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. (3) Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan. (4) dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia"”. (Q.S. Al-Ikhlas: 1-4)

Sudah sangat jelas penjelasan pada surat Al-Ikhlas dimana Allah itu Esa (satu), Dia yang menciptakan segala sesuatu yang ada semesta ini. Dan kebadanya juga kita beribadah, tidak ada dzat yang lebih kecuali Allah SWT, seperti hadits riwayat muslim yang berbunyi :

مَنْ مَاتَ وَهُوَ يَعْلَمُ أَنَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ دَخَلَ الْجَنَّةَ

“Barangsiapa yang mati dan ia mengetahui bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah dengan benar melainkan Allah, maka ia masuk Surga.” (HR. Muslim (no. 26) dari Sahabat ‘Utsman RA).

2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

setiap individu manusia merupakan warga negara yang sama antara satu dengan yang lain, dimana ia mempunyai hak yang sama dan tanpa membedakan individu satu dengan yang lain. Seperti dalam firman Allah SWT :

۞يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُونُواْ قَوَّٰمِينَ بِٱلۡقِسۡطِ شُهَدَآءَ لِلَّهِ وَلَوۡ عَلَىٰٓ أَنفُسِكُمۡ أَوِ ٱلۡوَٰلِدَيۡنِ وَٱلۡأَقۡرَبِينَۚ إِن يَكُنۡ غَنِيًّا أَوۡ فَقِيرٗا فَٱللَّهُ أَوۡلَىٰ بِهِمَاۖ فَلَا تَتَّبِعُواْ ٱلۡهَوَىٰٓ أَن تَعۡدِلُواْۚ وَإِن تَلۡوُۥٓاْ أَوۡ تُعۡرِضُواْ فَإِنَّ ٱللَّهَ كَانَ بِمَا تَعۡمَلُونَ خَبِيرٗا ١٣٥

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan”.(Q.S. An-Nisa’: 135)

3. Persatuan Indonesia

Di indonesia dihuni oleh 262 juta jiwa yang terdiri dari lebih dari 1.300 suku yang ada di indonesia yang dimana kita bersatu dengan perbedaan yang ada. Sesuai dengan firman Allah dalam surat hujurat : 13,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقۡنَٰكُم مِّن ذَكَرٖ وَأُنثَىٰ وَجَعَلۡنَٰكُمۡ شُعُوبٗا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓاْۚ إِنَّ أَكۡرَمَكُمۡ عِندَ ٱللَّهِ أَتۡقَىٰكُمۡۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٞ ١٣

Artinya: “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”.(Q.S.Al-Hujurat:13).

4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan

Dalam kehidupan, pastilah ada seorang pemimpin guna bisa berjalannya kehidupan, tanpa adanya pemimpin dan aturan yang dibuat secara mufakat maka dalam dunia ini akan banyak perpecahan, maka pentingnya pemimpin yang bijaksana yang mengutamakan mufakat dalam memutuskan segala sesuatu, yang tercantum dalam Al-Qur’an surah asy-syuro:38

وَٱلَّذِينَ ٱسۡتَجَابُواْ لِرَبِّهِمۡ وَأَقَامُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَأَمۡرُهُمۡ شُورَىٰ بَيۡنَهُمۡ وَمِمَّا رَزَقۡنَٰهُمۡ يُنفِقُونَ ٣٨

Artinya: “Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka”. (Q.S. Asy-Syuro:38).

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Setiap warga negara tidak seluruhnya pada tingkat ekonomi yang sama, namun negara mempunyai tugas dimana mensejajarkan ekonomi dengan memberi bantuan setaip warga negara yang membutuhkan dengan adil dan merata. Allah SWT berfirman:

۞إِنَّ ٱللَّهَ يَأۡمُرُ بِٱلۡعَدۡلِ وَٱلۡإِحۡسَٰنِ وَإِيتَآيِٕ ذِي ٱلۡقُرۡبَىٰ وَيَنۡهَىٰ عَنِ ٱلۡفَحۡشَآءِ وَٱلۡمُنكَرِ وَٱلۡبَغۡيِۚ يَعِظُكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَذَكَّرُونَ ٩٠

Artinya: “Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran”. (Q.S. An-Nahl: 90)

Demikian kajian tentang Pancasila sebagai wujud khilafah sesungguhnya, yang notabene seluruhnya ada pada syariat islam, hanya saja bahasa yang dipakai lebih universal agar tidak menciderai saudara kita yang berbeda agama.


Artikel Diatas adalah kirim dari Sahabat AkuIslam.ID, yang mana profilnya bisa kalian lihat pada gambar di atas....

from Aku Islam I Berbagi Kebaikan Untuk Sesama https://ift.tt/2GUc0wz
Sumber KLIK Di Sini atau http://www.akuislam.id/

from Berita Unik dan Aneh https://ift.tt/2xcHqyu


Demikianlah Artikel PANCASILA SEBAGAI WUJUD KHILAFAH SESUNGGUHNYA - Berita Unik dan Aneh

Sekianlah artikel PANCASILA SEBAGAI WUJUD KHILAFAH SESUNGGUHNYA - Berita Unik dan Aneh kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: