Pengamat: Saudi Boikot Qatar Usai Ada Restu Trump

Pengamat: Saudi Boikot Qatar Usai Ada Restu Trump - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang Berita Pagi Satu ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Pengamat: Saudi Boikot Qatar Usai Ada Restu Trump, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kecantikan, Artikel Kesehatan, Artikel Makanan, Artikel Mitos, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengamat: Saudi Boikot Qatar Usai Ada Restu Trump
link : Pengamat: Saudi Boikot Qatar Usai Ada Restu Trump

Baca juga


Pengamat: Saudi Boikot Qatar Usai Ada Restu Trump

Pengamat: Saudi Boikot Qatar Usai Ada Restu Trump

Dosen Politik Timur Tengah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Ali Munhanif menyatakan Arab Saudi tidak akan 'memukul; Qatar lebih dulu tanpa adanya dorongan yang diberikan Amerika Serikat (AS). Dorongan ini melalui kunjungan Presiden AS Donald Trump ke Saudi beberapa waktu lalu.

"Saudi tidak akan melakukan (tekanan ke Qatar) ini kalau saja tidak mendapat justifikasi dari Trump ketika kunjungan kemarin itu. Ada sinyal memang negara Timur Tengah akan mengerjai Qatar," kata dia dalam diskusi soal keadaan yang terjadi di Timur Tengah saat ini, di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (10/6).

Namun, upaya mengerjai Qatar tersebut belum dilakukan sampai pada momen yang tepat yakni ketika Donald Trump terpilih. Puncaknya pada saat Trump berkunjung ke Saudi. Menurut Ali, kunjungan Trump ke Saudi belum lama ini menjadi tanda akan ada sesuatu yang diletupkan kepada Qatar.

"Kapan momentumnya? Sampai terpilihnya Trump dan kunjungan di Timur Tengah kemarin menjadi tanda bahwa deal ekonomi dan deal dengan Amerika untuk melakukan sesuatu kepada Qatar," kata dia.

Menurut Pengamat Timur Tengah dari LIPI, Hamdan Basyar, kerja sama yang dijalin Saudi dan Amerika jelas menunjukan ada bayang-bayang Amerika di balik Saudi. Sehingga, pengaruh negeri Paman Sam terhadap Saudi pun tak bisa dielakkan.

"Yang untung juga Amerika, apalagi kemarin saat Trump datang ke Riyadh (di Saudi) itu sudah ada komitmen 100 miliar (dolar AS), ini artinya Saudi juga ada keterpengaruhan Amerika. Jadi hegemoni Amerika di negara-negara teluk itu masih ada," ucap dia.

REPUBLIKA


Demikianlah Artikel Pengamat: Saudi Boikot Qatar Usai Ada Restu Trump

Sekianlah artikel Pengamat: Saudi Boikot Qatar Usai Ada Restu Trump kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: