Dosa-Dosa yang Menghalangi Datangnya Jodoh

Dosa-Dosa yang Menghalangi Datangnya Jodoh - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang Berita Pagi Satu ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Dosa-Dosa yang Menghalangi Datangnya Jodoh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kecantikan, Artikel Kesehatan, Artikel Makanan, Artikel Mitos, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Dosa-Dosa yang Menghalangi Datangnya Jodoh
link : Dosa-Dosa yang Menghalangi Datangnya Jodoh

Baca juga


Dosa-Dosa yang Menghalangi Datangnya Jodoh

Dosa-Dosa yang Menghalangi Datangnya Jodoh
Seseorang yang gundah karena lama tidak mendapatkan jodohnya memang perlu banyak intropeksi diri. Bukan semata-mata factor ‘belum waktunya’, namun terkadang ada beberapa factor lain yang menyertainya. Kemungkinan terlalu banyak mengurung diri dirumah, hingga tidak banyak bergaul dengan banyak orang, hingga kurang dikenal banyak orang, atau bahkan satu hal yang agak menganggu, yakni masih terdapatnya dosa-dosa yang menghalangi jodoh.

Memang salah satu upaya yang dilakukan oleh seseorang yang belum mendapatkan jodohnya adalah  doa, dan doa  yang  banyak dipanjat adalah:
"Rabbana hablana min azwaajina, wa dzurriyyatina qurrata a'yuniw, waj'alna lil muttaqiena imaamaa."
"Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami jodoh [isteri-isteri] kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang2 yang bertakwa." (QS Al-Furqaan 74)
Akan tetapi jika doa sudah dilakukan masih juga belum mendapatkan hasilnya, harus dilihat kemungkinan lain mengapa jodoh masih jauh. Jika ternyata sebenarnya masih banyak dosa-dosa yang dilakukan yang sebenarnya atidak disadari, maka itulah inti permasalahannya, mengapa Allah masih menyembunyikan calon pendamping. Dan dosa-dosa yang menghalangi jodoh itu diantaranya adalah:

1. Menempatkan Shalat bukan suatu kewajiban apalagi kebutuhan.

Bisa dibayangkan seseorang yang merasa tidak membutuhkan Tuhan seutuhnya meski mengakui akan keberadaanNya. Padahal jika seorang muslim sejati, maka shalat itu bukan hanya sebagai suatu kewajiban semata namun kebutuhan. Untuk itu jauh dari jodoh kemungkinan besar karena shalatnya masih buruk, tidak mengerjakan 5 waktu dengan rutin, shalat kalau ingat atau sedang butuh, atau hanya pencintraan semata. Jika seorang menyadari jika bahwa hanya dengan shalat dan sabar-lah menjadi penolong kehidupan, maka ia akan mengerjakan dengan sebaik-baiknya agar jodoh mendekat padanya.
Didalam QS. AL-Baqarah [2] ayat 153 Allah SWT berfirman:
''Wahai orang-orang yang berIman jadikan lah sabar dan sholat sebagai penolong mu.''

2. Menyekutukan Allah

Menduakan Allah dengan apa saja. Entah dengan kesibukan, gadget, social media, dan yang paling parah adalah perbuatan syirik, yakni percaya kepada kekuatan untuk menyelesaikan masalah selain Allah, seperti pergi ke peramal, dukun, paranormal atau benda-benda keramat lainnya yang dipercayai punya petuah. Seperti mendapatkan nodoh dengan mudah, enteng rezeki dan lain-lain. Perbuatan ini sama sekali tak bermanfaat, ancaman musyrik dan mendapat dosa besarlah akhirnya.

“Janganlah sekali-kali kamu diperdayakan dunia & diperdayakan para penipu yang mengatasnamakan Allah” (QS 31:33)

3. Putus asa dengan rahmat Allah, hingga tidak mempercayaiNya

Hati-hati dengan hal satu ini karena saat lunglai dan tak mau lagi berusaha dan menganggap rahmat Allah itu jauh, maka ia seperti dianggap orang yang kafir.
"Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir".(Yusuf: 87)

4. Durhaka pada orangtua. 

Seringkali seseorang tidak sadar jika sudah menginjak dewasa mereka kurang lagi peduli pada orangtua, termasuk tidak mengindaaahkan lagi nasehatnya, sering bertengkar atau berpeda pendapat yang melukai hatinya, bahkan ada yang terang-terangan untuk tidak mempedulikan lagi mereka. Sikap durhaka inilah yang akhirnya menghalangi memperoleh jodoh.
Tentang hal ini Allah SWT berfirman:
"Dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka". (Maryam: 32).

5. Suka memutus tali silaturahmi. 

Banyak orang yang lupa dengan satu hal ini, karena merasa jika tengah membenci seseorang maka ia lantas dengan mudahnya memutus silaturahmi, dan ini bahkan terjadi dibanyak lapisan masyarakat.
“Sesungguhnya orang2 mukmin itu bersaudara. Karena itu peliharalah persaudaraan dan peliharalah diri anda dihadapan Allah supaya kamu mendapat rahmat”. (QS.49:10)

6. Tidak mempedulikan harta yang didapat.

Banyak pemeo yang mengatakan ‘mencari uang dari yang haram saja susah apalagi yang haram’, membuat banyak orang yang tidak mempedulikan lagi tentang kehalalan rezeki yang didapatkannya. Jika itu terjadi maka jodoh bisa tidak dengan mudahnya mendekat jika perut  selalu kenyang dengan hal-hal yang haram.

7. Banyak melakukan hal-hal zina, dusta dan menggunjing.

Hindari hal-hal buruk macam ini, karena akan sangat mempengaruhi banyak hal, termasuk susah mendapatkan jodohnya.
"Barangsiapa yang melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa (nya), (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu". (Al Furqaan: 68-69).

8. Menjadi pribadi yang pelit. 

Apabila seseorang sulit sekali untuk mengeluarkan uang untuk sedekah, maka ia akan disempitkan Allah pada banyak hal termasuk dalam mendapatkan jodohnya, padahal salah satu kasih sayang Allah yang akan diberikan pada hambaNya adalah orang yang suka bersedekah, tidak pelit.
Lalu apa yang harus dilakukan oleh seorang muslim agar terbebas dari dosa-dosa  yang menghalangi jodoh? Tentu bertindak hati-hati dalam berperilaku kesehariannya. Hindari banyak hal yang bisa membuat dosa, apalagi dosa besar, untuk itu banyak belajar agama. Jika seorang muslim sudah terlanjur melakukan salah satu dari 8 dosa itu, maka perbanyaklah bertobat dengan sungguh-sungguh atau tobat nasuha dan berjanji tidak mengulangi kembali, dan perbanyaklah beribadah, agar nantinya Allah memberikan jodoh terbaik untuk pribadi-pribadi yang sendiri…



Demikianlah Artikel Dosa-Dosa yang Menghalangi Datangnya Jodoh

Sekianlah artikel Dosa-Dosa yang Menghalangi Datangnya Jodoh kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: