Inilah Misteri Tokoh Mitologi Terkenal dalam Islam

Inilah Misteri Tokoh Mitologi Terkenal dalam Islam - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang Berita Pagi Satu ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Inilah Misteri Tokoh Mitologi Terkenal dalam Islam, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kecantikan, Artikel Kesehatan, Artikel Makanan, Artikel Mitos, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Inilah Misteri Tokoh Mitologi Terkenal dalam Islam
link : Inilah Misteri Tokoh Mitologi Terkenal dalam Islam

Baca juga


Inilah Misteri Tokoh Mitologi Terkenal dalam Islam

Inilah Misteri Tokoh Mitologi Terkenal dalam Islam
Mahkluk mitologi adalah makhluk yang keberadaanya dikisahkan dalam sejarah dan legenda,  serta memiliki bentuk dan kemampuan yang begitu fantastis. Setiap negara, suku bangsa, dan agama memiliki makhluk mitologi yang mereka percaya. Keberadaannya sosok makhluk  mitologi tersebut biasanya dipercayai oleh masyarakat penganut mitologi bersangkutan.

Agama Islam dalam Al-Quran dan hadist menceritakan tentang sosok yang dipercaya sudah mucul dan nantinya akan muncul.  Misalnya sosok ‘Buraq’ yang mengantarkan Nabi Muhammad SAW menjemput perintah Shalat pada peristiwa Isra’ Mi’raj, atau sosok Imam Mahdi dan Dajjal yang nantinya akan keluar di akhir zaman.

Bagaimana mereka dan siapa lagi sosok misterius yang digambarkan dalam Al-Quran dan Hadist? Berikut admin sajikan ulasannya.

1. Buraq

Buraq merupakan kendaraan yang digunakan oleh Nabi Muhammad SAW ketikan menjemput perintah Shalat dari Allah SWT. Buraq memiliki arti kilatan cahaya, bentuknya digambarkan seperti hewan. Besarnya melebihi keledai dan lebih kecil dari kuda. Buraq diriwayatkan menyerupai makhluk legenda seekor kuda putih yang bersayap burung berbulu. Namun diriwayat lain juga dijelaskan bahwa buraq menyerupai burung putih yang besar. Namun Buraq tidak berasal dari jenis makhluk, namun Ia tercipta dari cahaya. Para ahli membenarkan bahwa pergerakan yang paling cepat yang mampu membawa Nabi Muhammad ke langit ke tujuh adalah cahaya.

2. Dabbat al-Ard

Dabbat al-Ard merupakan binatang buas melata yang nantinya akan keluar sebelum hari kiamat. Hewan melata ini akan keluar dari perut bumi tepatnya dari kota Mekah dekat gunung Shafa. Sebelum matahari terbit dari barat, Ia akan keluar dan berbicara dengan bahasa fasih dan jelas.

Hewan ini digambarkan memiliki Kepalanya seperti kepala kerbau, matanya seperti mata babi, telinganya seperti telinga gajah, tanduknya seperti tanduk rusa jantan, lehernya seperti leher burung unta, dadanya seperti dada singa, warna kulitnya seperti warna kulit harimau, panggulnya seperti panggul kucing, ekornya seperti ekor biri-biri jantan dan kakinya seperti kaki unta. Di antara sepasang persendiannya sejarak 12 ukuran garis lurus

Pada saat keluar nanti, Ia akan membawa tongkat Musa dan cincin Sulaiman. Binatang itu akan memukul hidung orang kafir dengan cicin dan akan dan akan mebuat wajah orang beriman menjadi cerah dengan tongkat, sehingga Ia bisa menandakan mana orang kafir dan orang muslim.

3. Ya’juj dan Ma’juj

Ya’juj dan Ma’juj adalah sebutan kepada suatu bangsa yang muncul dalam akhir zaman, yang memiliki kekuatan sebagai perusak dan penghancur kehidupan di muka bumi. Kisah tentang kaum ini terdapat dalam ajaran agama Yahudi, Kitab Kejadian umat Kristen dan kitab suci umat Islam, Al-Qur’an.

Mengenai sekelompok manusia Ya’juj dan Ma’juj dalam tradisi religius digambarkan dalam istilah yang ambigu (tidak jelas). Ada yang menyebutnya sebagai bentuk manusia, mahkluk berbentuk raksasa, suatu bangsa atau negeri. Ya’juj dan Ma’juj juga muncul dalam banyak mitos dan cerita rakyat di banyak negara. Ya’juj dan Ma’juj adalah dua bangsa yang sangat besar jumlahnya. Mereka masih keturunan Adam, sebagaimana di jelaskan dalam hadits shahih Bukhari dan Muslim.

Walaupun mereka dari jenis manusia keturunan Adam, namun mereka memiliki sifat khas yang berbeda dari manusia biasa. Ciri utama mereka adalah perusak dan jumlah mereka yang sangat besar sehingga ketika mereka turun dari gunung seakan-akan air bah yang mengalir, tidak pandai berbicara dan tidak fasih, bermata kecil (sipit), berhidung kecil, lebar mukanya, merah warna kulitnya seakan-akan wajahnya seperti perisai dan sifat-sifat lain

4. Imam Mahdi

Imam Mahdi diceritakan akan keluar pada akhir zaman untuk menghancurkan semua kezaliman di muka bumi. Kemunculannya merupakan salah satu pertanda akan datangnya hari kiamat. Imam Mahdi merupakan manusia pilihan Allah  dan akan menjadi pemimpin yang adil dan jujur menggunakan harta kekayaannya yang berlimpah untuk kemajuan.

Imam Mahdi (Seseorang yang memandu) sebenarnya adalah sebuah nama gelar sebagaimana halnya dengan gelar khalifah, amirul mukminin dan sebagainya. Nama aslinya adalah Muhammad, sama dengan nabi muhammad. Bahkan nama ayahnya juga sama dengan nama Nabi Muhammad yaitu Abdullah. Jadi nama aslinya adalah Muhammad bin Abdullah.

Menurut penjelasan Rasulullah, Mahdi dikatakan berasal dari umatnya yang memiliki kening lebar, berhidung panjang dan mancung, dan umur kekhalifahannya berumur tujuh tahun. Kemunculannya tidak disadari bahkan dirinya sendiri tidak mengetahui bahwa Ia adalah imam Mahdi. Ia akan keluar jika terjadi banyak perselisihan antar manusia dan banyak terjadi gempa, ketika baitullah akan di serang dan pasukan tersebut ditenggelamkan Allah, Seseorang akan dibaiat di antara makam Ibrahim dengan sudut Kabah dan saat Suatu pasukan yang datang dari negeri Syam menuju Baitullah untuk mengejar seorang lelaki yang dilindungi oleh Allah.

5. Dajjal

Dajjal digambarkan mengalami cacat pada mata kirinya, memiliki rambut keriting dan lebat. Pendapat lain mengatakan bahwa mata kanannya buta berperawakan pendek, berkaki bengkok, rambutnya keriting, buta sebelah matanya. Dajjal merupakan sosok kafir yang sangat jahat. Ia membawa fitnah (ujian) terbesar dan tidak ada ujian yang terbesar selain itu.

Keluarnya Dajjal merupakan tanda kiamat besar akan segara tiba. Nabi Muhammad SAW menjelaskan kepada para sahabatnya bahwa Dajal akan muncul dari sebelah timur dari negeri Persia, disebut Khurasan.. Sebelum Dajal keluar, manusia diuji dahulu dengan kemarau dan kelaparan, serta tidak turunnya hujan dan musnahnya pepohonan selama tiga tahun berturut-turut, hewan ternak pun menjadi mati.

Dajjal akan memasuki semua negeri dengan membawa kerusakan, kecuali Makkah dan Madinah, karena kedua kota ini dijaga oleh malaikat. Pada awal kemunculannya Dajjal mengaku sebagai umat Islam, Ia kemudian mengaku sebagai nabi dan pada akhirnya mengaku sebagai Tuhan. Makhluk ini akan dibunuh oleh Isa di kota Lud di pintu gerbang kota Palestina.


Demikianlah Artikel Inilah Misteri Tokoh Mitologi Terkenal dalam Islam

Sekianlah artikel Inilah Misteri Tokoh Mitologi Terkenal dalam Islam kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: