Tips Mengelola Keuangan Keluarga

Tips Mengelola Keuangan Keluarga - Apakah sahabat sedang mencari informasi tentang Berita Pagi Satu ?, Nah isi dalam Artikel ini disusun agar pembaca dapat memperluas pegetahuan tentang Tips Mengelola Keuangan Keluarga, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan referensi dari semua pembahasan untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kecantikan, Artikel Kesehatan, Artikel Makanan, Artikel Mitos, Artikel Ragam, Artikel Unik, yang kami suguhkan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips Mengelola Keuangan Keluarga
link : Tips Mengelola Keuangan Keluarga

Baca juga


Tips Mengelola Keuangan Keluarga

Tips Mengelola Keuangan Keluarga
Ilustrasi Mengelola Keuangan Keluarga ( Foto @Fimadani )
Keuangan adalah salah satu aspek penting dalam keluarga. Untuk itu, diperlukan trik smart untuk mengelolanya. Selain itu, diskusi dan kesepakatan dengan pasangan sangat dibutuhkan agar tidak terjadi konflik yang tidak diinginkan.

Saat memiliki rumah tangga, tentu antara suami dan istri harus menyamakan visi dan tujuan. Untuk mencapai tujuan bersama, ada beberapa aspek yang harus ditangani bersama. Salah satunya adalah keuangan keluarga. Menurut Miftakhul Jannah SPSi MSi, keluarga itu ibarat perusahaan kecil.

Untuk mengatur keuangan tersebut, dibutuhkan komitmen dan diskusi antar pasangan. Bagaimanakah mereka akan mengatur keuangan. Misalnya, siapakah yang akan memegang kendali, suami atau si istri. Atau mungkin ada pembagian tugas. "Tidak dapat digeneralisasikan teknik terbaik yang mana. Si Istri atau Suamikah yang lebih baik mengatur. Semua tergantung dari individu itu sendiri," ujar Mifta.

SEPAKATI BERSAMA

Karena itu, yang paling penting adalah kesepakatan bersama. Keterbukaan juga dibutuhkan. Misalnya si istri yang memang akan mengatur keuangan, maka istri juga harus memberikan 'laporan' keuangan agar suami juga tahu pengeluaran dalam keluarga itu apa saja.

"Kesepakatan itu penting. Jika tidak, maka akan terjadi konflik. Misalnya, ada yang merasa tidak dipercaya. Karena itu, diskusikan semua pengeluaran. Dan jika sudah diserahkan pada pasangan, Anda harus percaya," jelas psikolog asal Surabaya ini.

Ada beberapa hal yang bisa didiskusikan dan disepakati bersama. Misalnya, tujuan keuangan keluarga dalam jangka pendek, menengah dan panjang, juga rencana investasi. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengatur keuangan keluarga.

1. Pahami Kebutuhan 
Anda harus tahu pengeluaran apa saja yang rutin seperti listrik, telepon, belanja, juga pengeluaran tak rutin lainnya. Lalu, Anda juga harus tahu berapa tabungan yang ada.

2. Susun Rencana Keuangan
Susun rencana keuangan ini bersama pasangan. Anda bisa mendiskusikan apa saja kebutuhan keluarga selama sebulan. Anda juga bisa mendiskusikan kebutuhan individu masing-masing. Bagi pasangan yang sama-sama bekerja, Anda dapat mengatur pemasukan yang ada untuk dipos-kan pada pengeluaran - pengeluaran rutin.

3. Hindari Hutang
Sebisa mungkin, hindari hidup konsumtif. Salah satu hidup konsumtif adalah membeli barang melalui kredit. Tumbuhkan kebiasaan keuangan yang sehat dimulai dari yang sederhana, seperti tak memiliki hutang konsumtif.

4. Tetapkan Target
Buat cita-cita finansial. Susun target keuangan keluarga, mulai dari tujuan jangka pendek, juga panjang. Raih secara berkala bersama pasangan. Beri kurun waktu tertentu pada target Anda. Misalnya, dalam waktu 5 tahun Anda harus sudah memiliki rumah sendiri atau mobil pribadi.

5. Menabung
Jangan lupa juga untuk menyisihkan pemasukan untuk menabung. Sebaiknya, Anda memiliki rekening terpisah untuk tabungan dan kebutuhan sehari-hari. Selain menabung, kini sudah banyak pilihan asuransi. Misalnya, untuk pendidikan anak, Anda sudah menyediakannya sejak dini melalui asuransi pendidikan.

Nah, itu dia tadi mengenai tips mengelola keuangan keluarga, semoga bisa bermanfaat.


from Aku Islam http://ift.tt/2tF4rGC
Sumber KLIK Di Sini atau http://www.akuislam.id/


Demikianlah Artikel Tips Mengelola Keuangan Keluarga

Sekianlah artikel Tips Mengelola Keuangan Keluarga kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: